top of page

NXS Fitness Community

Public·18 members

Sejarah Gereja Asia Pdf Download


Sejarah Gereja Asia




Gereja Asia adalah istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai komunitas Kristen yang berkembang di benua Asia sejak zaman kuno hingga sekarang. Gereja Asia memiliki sejarah yang panjang dan beragam, yang mencerminkan kekayaan budaya, sosial, politik, dan teologis dari wilayah tersebut. Gereja Asia juga menghadapi berbagai tantangan dan peluang dalam menyebarkan Injil dan menjadi saksi Kristus di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas non-Kristen.


Download File: https://urlcod.com/2w3TpD


Artikel ini akan memberikan gambaran singkat tentang sejarah gereja Asia dari abad ke-15 hingga abad ke-20, dengan mengacu pada beberapa sumber yang dapat diunduh dalam format PDF. Sumber-sumber tersebut adalah sebagai berikut:



  • Sejarah Gereja Asia oleh Anne Ruck, sebuah buku yang membahas perkembangan gereja di Asia dari abad ke-15 hingga abad ke-20, dengan memperhatikan konteks sejarah, budaya, dan agama dari masing-masing negara dan wilayah.



  • Seri Dokumen Gerejawi No. 57: Gereja di Asia, sebuah dokumen resmi dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang memuat hasil-hasil dari Sidang Khusus Sinode Para Uskup untuk Benua Asia tahun 1998, yang menguraikan identitas, misi, dan tantangan gereja di Asia.



  • Sejarah Gereja Asia oleh Sikpan Sihombing, sebuah makalah akademik yang menjelaskan materi kuliah sejarah gereja di Asia, dengan menyoroti beberapa tokoh dan peristiwa penting dalam sejarah gereja Asia.




Abad ke-15 hingga ke-18: Masa Penjelajahan dan Penyebaran Agama Kristen




Pada abad ke-15 hingga ke-18, gereja Asia mengalami masa penjelajahan dan penyebaran agama Kristen oleh para misionaris dari Eropa, terutama dari Portugal, Spanyol, Belanda, Prancis, dan Inggris. Para misionaris ini membawa Injil dan tradisi gereja Katolik Roma atau Protestan ke berbagai daerah di Asia, seperti India, Cina, Jepang, Korea, Filipina, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan lain-lain. Mereka juga berinteraksi dengan berbagai agama dan budaya lokal, seperti Hinduisme, Islam, Buddha, Taoisme, Konfusianisme, Shintoisme, dan lain-lain.


Perkembangan gereja di Asia pada masa ini ditandai oleh beberapa hal, antara lain:



  • Kesuksesan dan kegagalan dalam penginjilan. Beberapa daerah menunjukkan respons yang positif terhadap Injil dan menerima agama Kristen sebagai agama resmi atau mayoritas, seperti Filipina dan Timor Leste. Beberapa daerah lain mengalami penolakan atau penganiayaan terhadap agama Kristen, seperti Jepang dan Cina. Beberapa daerah lain lagi memiliki komunitas Kristen yang minoritas atau terisolasi, seperti India dan Korea.



  • Keragaman dan konflik dalam tradisi gereja. Para misionaris membawa berbagai tradisi gereja yang berbeda-beda, baik dalam hal doktrin, liturgi, organisasi, maupun kultur. Hal ini menyebabkan adanya keragaman dan konflik dalam gereja Asia, baik antara gereja Katolik Roma dan Protestan, maupun antara gereja-gereja dari negara-negara Eropa yang berbeda-beda.



  • Kontekstualisasi dan inkulturasi dalam penginjilan. Para misionaris berusaha untuk menyesuaikan metode dan bahasa penginjilan dengan konteks budaya dan agama lokal. Hal ini menyebabkan adanya kontekstualisasi dan inkulturasi dalam gereja Asia, yaitu proses penyesuaian dan penyerapan unsur-unsur budaya dan agama lokal ke dalam kehidupan dan ekspresi iman Kristen. Contoh-contoh dari kontekstualisasi dan inkulturasi ini adalah penggunaan bahasa-bahasa lokal dalam Alkitab dan liturgi, penghormatan terhadap tokoh-tokoh agama dan budaya lokal, pengadopsian seni dan musik lokal dalam ibadah, dan lain-lain.




Abad ke-19 hingga ke-20: Masa Kolonialisme dan Nasionalisme




Pada abad ke-19 hingga ke-20, gereja Asia mengalami masa kolonialisme dan nasionalisme, yaitu masa di mana banyak negara-negara di Asia dikuasai oleh negara-negara Eropa atau Amerika sebagai koloni atau protektorat. Masa ini juga ditandai oleh munculnya gerakan-gerakan nasionalisme dan kemerdekaan di berbagai negara-negara di Asia, yang menuntut pembebasan dari penjajahan asing. Masa ini juga merupakan masa di mana gereja Asia mulai mengembangkan identitas dan misi sendiri, yang tidak lagi bergantung pada gereja-gereja di Barat.


Perkembangan gereja di Asia pada masa ini ditandai oleh beberapa hal, antara lain:



  • Keterlibatan dan keterasingan dalam politik. Gereja Asia terlibat dalam berbagai peristiwa politik yang terjadi di Asia, baik sebagai pendukung maupun penentang dari pihak-pihak yang berkuasa. Gereja Asia juga mengalami keterasingan dari masyarakat sekitar, karena seringkali dianggap sebagai agen atau sekutu dari penjajah asing.



  • Pertumbuhan dan pembaharuan dalam gereja. Gereja Asia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam jumlah anggota dan wilayah pelayanan, terutama karena adanya gerakan-gerakan kebangunan rohani dan penginjilan massal yang dilakukan oleh para evangelis lokal maupun asing. Gereja Asia juga mengalami pembaharuan dalam hal doktrin, liturgi, organisasi, maupun kultur, terutama karena adanya gerakan-gerakan ekumenis dan karismatik yang mempromosikan persatuan dan pembaruan gereja.



  • Indigenisasi dan transformasi dalam misi. Gereja Asia mulai mengindigenisasikan diri, yaitu proses menjadi gereja yang mandiri, otonom, dan relevan dengan konteks lokal. Gereja Asia juga mulai bertransformasi dalam misi, yaitu proses menjadi gereja yang tidak hanya memberitakan Injil secara verbal, tetapi juga menunjukkan Injil secara nyata melalui pelayanan sosial, pendidikan, kesehatan, advokasi, dan lain-lain.




Kesimpulan




Gereja Asia memiliki sejarah yang panjang dan beragam, yang mencerminkan kekayaan budaya, sosial, politik, dan teologis dari benua Asia. Gereja Asia juga menghadapi berbagai tantangan dan peluang dalam menyebarkan Injil dan menjadi saksi Kristus di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas non-Kristen. Gereja Asia perlu terus belajar dari sejarahnya sendiri, serta dari sejarah gereja-gereja lain di dunia, untuk menjadi gereja yang setia, dinamis, dan relevan dengan zaman.


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah gereja Asia, Anda dapat mengunduh beberapa sumber berikut dalam format PDF:



  • [Sejarah Gereja Asia oleh Anne Ruck]



  • [Seri Dokumen Gerejawi No. 57: Gereja di Asia]



  • [Sejarah Gereja Asia oleh Sikpan Sihombing]






About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page